cyberbully

A. Latar belakang

Dunia maya adalah media elektronik jaringan komputer, di mana komunikasi online berlangsung ."dunia maya" istilah pertama kali digunakan oleh penulis fiksi ilmiah William Gibson cyberpunk,meskipun konsep itu digambarkan agak sebelumnya, misalnya dalam kisah Vinge Vernor singkat "Nama Benar." Secara luas digunakan sejak, telah dikritik oleh penemunya, seperti Gibson sendiri yang kemudian akan menggambarkannya sebagai kata kunci "menggugah dan pada dasarnya berarti" yang bisa berfungsi sebagai sebuah sandi untuk semua nya "renungan cybernetic" .Komponen pertama dari istilah berasal dari "cybernetics", yang berasal dari κυβερνήτης Yunani (kybernētēs, jurumudi, gubernur, percontohan, atau kemudi), sebuah kata yang diperkenalkan oleh Norbert Wiener untuk kepeloporannya dalam komunikasi elektronik dan ilmu kontrol.
Sekarang di mana-mana, dalam penggunaan saat ini istilah "dunia maya" singkatan untuk jaringan global saling tergantung infrastruktur teknologi informasi, jaringan telekomunikasi dan sistem komputer pengolahan. Sebagai pengalaman sosial, individu dapat berinteraksi, bertukar pikiran, berbagi informasi, memberikan dukungan sosial, melakukan bisnis, tindakan langsung, membuat media artistik, bermain game, terlibat dalam diskusi politik, dan seterusnya, menggunakan jaringan global. Istilah ini telah menjadi sarana konvensional untuk menggambarkan apa saja yang berhubungan dengan internet dan beragam budaya internet. Pemerintah Amerika Serikat mengakui teknologi informasi saling berhubungan dan saling tergantung jaringan infrastruktur teknologi informasi yang beroperasi di seluruh media ini sebagai bagian dari US National Infrastruktur Kritis.

A. Cyberbully

· Penyebab cyberbully

Situs http://www.stopcyberbullying.org mengatakan bahwa penyebab terjadinya cyber bullying ini bisa jadi karena dendam, kemarahan atau perasaan frustasi. Bisa juga karena pelaku memang nggak punya kerjaan, sedangkan ‘mainan’ berbau teknologi banyak tersedia di sekeliling mereka; jadinya iseng dan pingin cari keributan. Atau bisa jadi, pelaku adalah orang-orang yang di kehidupan nyatanya termasuk golongan ‘nggak dianggap’ atau tidak punya kekuatan, dengan melakukan cyber-bullying mereka merasakan bagaimana rasanya jadi ‘orang yang berkuasa’.

· Contoh kasus cyberbully

Salah satu band indie Indonesia PEE WEE GASKINS adalah band popular di masa masa sekarang. Namun didalam kesuksessannya pasti ada pro kontra dengan mereka. Hingga ada sekumpulan orang membentuk sebuah fanpage di facebook atau jaringan social lainnya dengan nama APWG(Anti PEE WEE GASKINS)

· Pencegahan cyberbully

1. Selalu berfikir positif dan mendukung apa yang layaknya kita dukung

2. Hiraukan omongan atau perlakuan orang cyberbully dan jadikan perlakuan mereka sebagai tonggak kedewasaan kita

B. Penutup

· Saran

Selalu berfikir positif dan mendukung apa yang layaknya kita dukung

Hiraukan omongan atau perlakuan orang cyberbully dan jadikan perlakuan mereka sebagai tonggak kedewasaan kita

0 komentar:

Posting Komentar